Sabtu, 02 Mei 2015

belajar sabar menghadapi masalah

Bissmillahirrahmanirrahim....

"Diantara adab sabar adalah menenangkan anggota tubuh dan lisan, serta di perbolehkan menangis. Hati yang terguncang tidak bisa mengembalikan apa yang sudah terlepas dari tangan. Namun.. Ringankanlah rasa kecewa." (Ibnu Qudamah al Maqdisy)


Sahabat fillah.. Setiap orang pasti pernah atau bahkan sedang mengalami sebuah masalah. Dan seperti apapun masalah yang di hadapinya, kerap kali membuat seseorang menjadi sedih, jiwanya merasa gelisah, hidupnya seakan tak ada semangat.




Dalam kondisi seperti ini setiap orang masing-masing memiliki cara tersendiri dalam melampiaskannya. Dan tidak jarang di antara kita seringkali menangis karena saking merasa sedihnya. Ada pula yang melampiaskan setiap uneg-unegnya di berbagai media sosial. dan masih ada banyak lagi hal yang dapat kita jumpai takkala seseorang sedang di dera cobaan.


Hal tersebut mungkin sudah menjadi salah satu karakter manusia yaitu mudah berkeluh kesah. Ya.... Allah azza wa jalla sendiri yang menciptakan manusia itu dalam keadaan bersifat keluh kesah.
Akan tetapi banyak diantara kita yang belum mengetahui hakikat cobaan hidup di dunia. Hidup kita di dunia memang tidak akan terlepas dari cobaan, karena sudah menjadi suratan illahi bahwa selama kita hidup di dunia maka kita akan selalu berhadapan dengan masalah.


Meski pun begitu sesungguhnya Allah tidak pernah membebani seorang hamba berupa ujian melainkan menurut kesanggupannya saja Tergantung kadar kekuatan iman di hati kita.
Karena kesabaran yang besar, akan di uji dengan ujian yang besar pula. Meski demikian setiap masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Maka tetaplah berbaik sangka kepada-Nya dalam setiap keadaan.


Sahabat fillah.. Di balik hujan ada pelangi yang akan menghiasi langit dengan penuh keindahan.. Di balik masalah akan ada hikmah yang berharga.. Di balik ujian ada pahala yang menanti kita.. Dan yang pasti di balik kesulitan selalu ada kemudahan.


Oleh sebab itu, berusahalah menjadi seorang hamba yang kuat. Bak rumput yang di terjang badai, namun ia tak tumbang.
Begitulah seharusnya kita Sebesar apapun masalah yang akan kita hadapi, jangan sampai membuat kita menjadi lemah dan berputus asa.


Sahabat fillah.. Teruslah bersabar... Bersabarlah dengan kesabaran yang indah..
Sesungguhnya Allah senantiasa mencintai orang-orang yang bersabar.. Dan sesungguhnya Allah selalu beserta orang-orang yang senantiasa bersabar..
Renungkanlah pesan indah dari Allah azza wa jalla :


فَاصْبِرْ إِنَّ الْعَاقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ 
"Maka bersabarlah, sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertaqwa. (Qs. Hud : 49)


[by: Umi Lailatush Salma]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar